Thursday, January 10, 2019

15 Kuliner Bandung yang Hits Abis, Wajib Kamu Coba Saat Sedang Berkunjung


Bandung merupakan salah satu kota wisata di Indonesia yang tak pernah sepi pengunjung. Udara yang sejuk, warga yang ramah serta kota yang tertata rapi menjadi magnet tersendiri untuk selalu kembali ke kota ini. Ada banyak tempat wisata Bandung yang cocok dikunjungi untuk menghabiskan hari libur.

Selain dikenal memiliki beragam tempat wisata yang asyik dan seru untuk dikunjungi, Bandung juga banyak tujuan destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi dari bagian utara, selatan, barat dan timur. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, sampai wisata kuliner.

Belum lagi setiap sudut kota ini menyimpan kuliner yang menggugah selera. Banyak tempat kuliner yang menyuguhkan menu makanan lezat. Brikut 15 kuliner Bandung yang hits abis seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Cuanki Serayu

Kuliner Bandung yang pertama adalah Cuanki Serayu. Cuanki merupakan makanan enak di Bandung sejenis bakso namun menggunakan kuah dari ikan. Cuanki yang paling banyak direkomendasikan di Bandung adalah Cuanki Serayu yang ada di Jalan Serayu No. 2, Cihapit.

2. Batagor Hanjuang

Kuliner Bandung selanjutnya adalah Batagor Hanjuang. Makanan enak di Bandung yang paling terkenal adalah batagor. Ada banyak pilihan batagor Bandung yang bisa kamu coba. Termasuk batagor Hanjuang yang terletak di Jalan Astina, Cicendo.

3. Kampung Daun Bandung

Ingin menyantap kuliner Bandung dalam satu lokasi? Kamu bisa berkunjung ke Kampung Daun. Tempat ini nggak cuma menyajikan makanan enak khas Pasundan, Jawa Barat saja. Tapi kamu juga bisa menikmati Soto Betawi, Soto Kudus hingga Nasi Liwet Solo. Untuk minumannya pun beragam dari bandrek atau wedang ronde yang menghangatkan badan hingga es cendol atau es cincau. Restoran ini berada di Jalan Sersan Bajuri No 88 Bandung.

4. Seblak Oces

Selain batagor, cuanki, atau cilok, kuliner Bandung yang khas lainnya adalah seblak atau kerupuk yang dimasak menggunakan kuah. Kamu bisa mencoba Seblak Oces yang berada di Jalan Dipati Ukur. Ada 2 jenis seblak di sini yaitu seblak basah dan seblak kering. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 12.000 tergantung dengan pilihan topping.

5. Mi Yamin di Rumah Makan Linggarjati

Kuliner Bandung lainnya yang bisa kamu coba adalah Mi Yamin di Rumah Makan Linggarjati. Mi yamin merupakan salah satu makanan enak di Bandung. Kamu bisa menyantap kuliner Bandung di Rumah Makan Linggarjati. Rumah makan khusus menyediakan aneka jenis mi ini terkenal karena menu yamin yang melegenda. Bahkan tempat ini disebut sebagai sesepuhnya mi yamin bakso di Kota Bandung. Berdiri sejak 1950, rumah makan ini berada di Jalan Balong Gede No 1.

6. Nasi Kalong

Kuliner Bandung ini terbuat dari beras merah yang kemudian dimasak dengan kluwek dan rempah sehingga menghasilkan nasi yang gurih dan enak meskipun dimakan tanpa menggunakan lauk. Jika kamu penasaran, datang saja ke Jalan RE Martadinata, Bandung.

7. Roti manis dari Toko Roti Sumber Hidangan

Roti buatan Toko Roti Sumber Hidangan merupakan kuliner Bandung yang wajib kamu cicipi. Berdiri sejak 1929, toko roti yang menjual aneka jenis kue Belanda dan roti ini berada di Jalan Braga No 22-22, Kota Bandung. Tetap mempertahankan rasa dan kualitasnya serta suasana yang masih dipertahankan seperti dulu membuat para pelanggannya bagai terseret lorong waktu dan kembali ke zaman sebelum tahun 45-an.

Toko ini merupakan salah satu perusahaan pembuat roti, kue dan aneka kudapan serba manis lainnya. Selain itu, tempat ini juga menjual es krim homemade dengan citarasa yang berbeda dengan es krim yang ada di zaman sekarang. Di sini, kamu masih bisa menemukan makanan enak khas Belanda. Ada Moorkoppen, Bokkepootjes, dan Tompoesjes.

8. Batagor Riri

Salah satu kuliner Bandung paling enak dan terkenal adalah Batagor Riri. Tempat wisata di Bandung ini sudah ada sejak 1985. Dengan bumbu kacang yang spesial, batagor Riri menjadi idaman para wisatawan. Tidak hanya batagor, ditempat ini juga menyediakan jenis makanan enak lainnya seperti siomay, mi, bubur ayam dan aneka minuman jus. Batagor Riri ini sudah memiliki bebeapa cabang yang tersebar di kota Bandung. Salah satunya ada di Jalan Burangrang No. 41, Bandung.

9. Yamie di toko You Bandung

Kuliner Bandung yang sudah ada sejak lama adalah Yamie di Toko You Bandung. Toko You adalah satu tempat kuliner legendaris di Bandung dengan nuansa klasik yang sudah ada dari tahun 1947. Tempat makan ini menyajikan berbagai menu khas Indonesia dan Chinese food. Toko You memiliki ciri khas sebagai salah satu resto yang menjual kuliner-kuliner nostalgia tahun 1990-an. Menu favoritnya adalah yamie. Toko You ada di Jalan Hasanuddin No 12 Bandung.

10. Roti Bakar Cari Rasa Kosambi

Roti Bakar Cari Rasa Kosambi merupakan kuliner Bandung yang legendaris yang sudah mengisi perut warga Bandung lebih dari 60 tahun. Dikenal dengan sebutan roti bumbu, roti isi ini sering jadi camilan dan oleh-oleh warga Bandung sejak tahun 1950. Bahkan Roti Cari Rasa diklaim sebagai roti bakar pertama di Bandung. Toko Roti ini berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani No148 (Kosambi) Kota Bandung dan menyediakan lima varian menu dengan berbagai macam ukuran. Di antaranya adalah roti bumbu biasa, roti rasa cokelat, roti campur keju, roti keju, dan roti kornet.

11. Kopi susu dan roti selai sarikaya di Warung Kopi purnama

Kuliner Bandung yang wajib kamu coba adalah kopi susu dan roti selai sarikaya yang ada di Warung Kopi Purnama. Tempat kuliner ini sudah menjadi tempat nongkrong yang nyaman bagi semua kalangan. Warung ini sudah berdiri sejak 1930, dan masih eksis hingga sekarang. Awalnya, warung ini bernama Chang Chong Seng yang memiliki arti sekali mencoba, kamu pasti suka. Warung kopi legendaris ini menyajikan berbagai makanan enak di Bandung yang spesial nan unik yang bisa membuatmu tergoda. Mulai dari menu sarapan ala tempo dulu hingga makanan ringan seperti lumpia goreng. Warung Kopi Purnama alamatnya di Jalan Alkateri No. 22 Braga Bandung.

12. Pisang bolen

Kuliner satu ini merupakan oleh-oleh dari Bandung yang paling dicari. Kue pisang berbalut pastry ini memang memiliki rasa yang empuk dan lezat. Tak heran makanan enak di Bandung ini disukai banyak orang mulai dari dewasa dampai anak-anak. Beberapa tempat yang menyajikan makanan enak di Bandung ini adalah Kartika Sari dan Mayasari.

13. Martabak Mertua

Kedai Martabak Mertua merupakan tempat kuliner Bandung yang hits karena menyajikan martabak dengan topping keju melimpah dan rasa telur asin yang jadi favorit banyak orang. Jika ingin menyantap makanan enak ini jangan lupa untuk mengunjungi Martabak Mertua yang ada di Jalan Dipati Ukur saat sedang pergi ke Bandung.

14. Iga Bakar si jangkung

Iga Bakar Si Jangkung menyajikan olahan masakan dari Ayam, Kambing dan Sapi. Pilihan masakannya lengkap, mulai dari Sop Iga, Iga Bakar Kambing, Iga Bakar Sapi, Sate Kambing & Ayam, Tongseng Kambing, Krengsengan Sapi, Gulai Kambing. Namun, makanan enak di Bandung yang menjadi favorit adalah iga bakar, olahan daging yang dipotong-potong diberi kecap dan dibakar dengan mangkuk yang terbuat dari tanah.

15. Mie Rica Kejaksaan

Terakhir kuliner Bandung ada Mie Rica Kejaksaan yang harus masuk list bagi kamu yang ingin makan mie. Menu yang terkenal adalah mie rica dengan daging babi. Namun, buat kamu yang tidak makan daging babi bisa memesan mie dengan topping daging ayam yang rasanya dijamin tidak kalah nikmatnya dengan mie rica babi.

0 comments:

Post a Comment