Thursday, January 3, 2019

Lansia Boleh Operasi Plastik Asal Penuhi Syarat Berikut


Operasi Plastik ternyata tak haram dilakukan oleh orang dengan usia tua kendati membutuhkan beberapa persyaratan tertentu. Salah satu syarat utama adalah bahwa mereka dalam kondisi sehat.

"Operasi bedah plastik ditujukan untuk orang dewasa. Minimal 17 tahun ke atas dan tidak ada batasan. Saya pernah operasi pasien usia 60 tahun dan 70 tahun. Itu tidak masalah asalkan mereka sehat," jelas dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik konsultan David Perdanakusuma .

Beberapa operasi bedah plastik yang biasa dilakukan yakni tummy liposuction (sedot lemak perut dengan hasil six pack), fat transfer (transfer lemak di satu bagian badan dipindahkan ke bagian lain), dan chin liposuction (sedot lemak untuk pembentukan dagu).

Alat canggih yang digunakan untuk operasi plastik berupa laser. Prosedur menggunakan laser pun aman untuk lansia (di atas 60 tahun). Hal ini juga dilakukan pada prosedur bedah plastik liposuction untuk membentuk perut sixpack.

Bagi pasien operasi bedah plastik, bengkak dan memar setelah bedah plastik adalah wajar. Anda tidak perlu cemas, seiring waktu, bengkak dan memar akan hilang.

"Memar dan bengkak setelah prosedur bedah plastik ya hal yang wajar. Karena adanya pendarahan di dalam. Lalu ada kerusakan jaringan karena ada jaringan yang harus dibuka saat prosedur berjalan," lanjut David.

Masa pemulihan biasanya selama tiga minggu. Selang tiga bulan, pasien akan mendapatkan hasil yang lebih bagus. Apabila prosedur menggunakan laser, bengkak dan memar dapat berkurang.

"Teknologi laser membuat efek pasca operasi menjadi minimal. Bengkak dan memar berkurang," tandasnya.

0 comments:

Post a Comment