Wednesday, February 13, 2019

Macam-Macam Nasi Tumpeng Beserta Maknanya


Selama ini, mungkin Anda mengira bahwa nasi tumpeng itu-itu saja. Maksudnya itu-itu saja, ya tidak ada variasi sama sekali dalam penyajiannya. Anda bisa pesan nasi tumpeng dengan mudah di nasi tumpeng Jakarta Barat yakni di Royal Tumpeng. Namun, sebenarnya, nasi tumpeng itu ada banyak macamnya, lo! Baru tahu? Ini dia macam-macam nasi tumpeng itu!

1. Tumpeng Robyong

Jenis pertama dari nasi tumpeng adalah Tumpeng Robyong. Nasi tumpeng yang satu ini sering disajikan dalam acara suka cita atau perayaan yang menggembirakan. Misalnya saja, acara khitanan, aqiqah dan lain sebagainya. Ciri khas dari tumpeng yang satu ini adalah adanya telur ayam utuh yang ada di atasnya.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan terasi bakar serta cabai merah di bagian atas nasi tumpeng itu. Makna dari nasi tumpeng ini sendiri adalah kesejahteraan, kesuburan dan keselamatan.

2. Tumpeng Nujuh Bulan

Lalu, ada Tumpeng Nujuh Bulan. Tumpeng yang satu ini biasanya ada di hari syukuran acara tujuh bulan kehamilan. Tampilan tumpeng yang satu ini cukup unik sebab tumpeng ini terdiri dari beberapa tumpeng kecil yang mengerumuni tumpeng besar. Untuk lauk-pauk yang digunakan adalah standar nasi tumpeng seperti telur, ayam, tahu tempe dan lainnya.

3. Tumpeng Pungkur

Beda dengan dua jenis tumpeng lain yang disajikan pada hari suka cita, Tumpeng Pungkur disajikan di hari kematian seorang wanita atau pria yang masih lajang. Ciri dari tumpeng yang satu ini adalah dibuat dari nasi putih dengan lauk-pauk utama dan paling banyak adalah sayuran.

Uniknya tumpeng ini tidak disajikan seperti tumpeng pada umumnya yang berbentuk kerucut. Tumpung ini memang dibuat dalam bentuk kerucut namun disajikan dengan cara dibelah dua dan ditata berkebalikan. Maksudnya adalah dalam posisi bertolak belakang.

4. Tumpeng Nasi Kuning

Tumpeng nasi kuning adalah yang paling umum ditemukan. Anda bisa temukan tumpeng ini di nasi tumpeng Jakarta Barat Royal Tumpeng dengan harga terjangkau dan lauk yang bisa divariasikan sesuai selera. Tumpeng ini biasanya ada di acara syukuran besar-besaran seperti hari kelahiran, pernikahan, pertunangan dan lain sebagainya.

5. Tumpeng Seremonial

Lalu, ada tumpeng seremonial atau tumpeng modifikasi. Tumpeng yang satu ini terlihat modern dan biasanya tidak memperhatikan nilai filosofis sama sekali. Anda bisa menemukannya dengan mudah di banyak tempat yang menjualnya. Tak perlu tunggu acara khusus, Anda bisa menikmati tumpeng yang satu ini kapan saja Anda mau.

Itulah berbagai jenis tumpeng yang ada. Anda bisa menemukan beberapa jenis tumpeng itu di nasi tumpeng Jakarta Barat, Royal Tumpeng dengan harga yang terjangkau. Variasi tumpeng mini di Royal Tumpeng ini ada banyak. Misalnya saja Tumpeng Cereman, Tumpeng Bromo, Tumpeng Merapi dan lainnya. Anda tertarik mencicipinya? Pesan saja!

0 comments:

Post a Comment