Thursday, March 14, 2019

8 Tips Membuat Desain Kalender agar Hasil Lebih Maksimal


Pepatah mengatakan waktu adalah uang. Ya waktu memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan dan tidak dapat terpisahkan. Itulah alasan mengapa adanya kalender sebagai pengingat waktu sangat dihargai. Kalender dapat dengan mudah ditemukan di mana saja. Mengingat jangka waktu penggunaannya yang lama, desain kalender juga perlu maksimal. Ini poin yang perlu diperhatikan. 

1. Mengonsepkan Sebuah Tema
Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan adalah mengonsepkan sebuah tema. Pastikan Anda memiliki sebuah tema yang cukup unik dan menarik untuk dapat diaplikasikan secara konsisten terhadap kalender secara keseluruhan. Tema yang dipilih sebaiknya mampu mewakili perusahaan Anda. Namun perlu untuk diingat, pastikan bahwa tema tersebut tidak bersifat korporat sehingga tetap menarik. 

2. Tentukan Pesan yang Ingin Disampaikan
Setelah menentukan tema dan konsep yang diinginkan, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika membuat desain kalender agar lebih menarik adalah menentukan pesan apa yang ingin disampaikan. Pastikan bahwa pesan tersebut harus bersifat unik dan mudah diingat oleh banyak orang. Hal ini tentunya tidak akan sia-sia meski Anda harus membagikan kalender ke banyak orang. 

3. Selektif dalam Memilih Gambar
Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membuat kalender yang unik dan menarik adalah pemilihan gambar yang sesuai. Jika terkait dengan kalender, gambar yang tidak terlalu ramai merupakan pilihan terbaik. Pilihlah gambar yang memang berkualitas dengan resolusi tinggi. Mengapa? Sebab hanya gambar yang berkualitas tinggi saja yang mampu menarik di mata para penerimanya. 

4. Bersifat Fungsional
Setidaknya ada banyak sekali format kalender yang bisa Anda pilih. Apa saja format yang dipilih pastikan bahwa kalender tersebut tetap memiliki sifat yang fungsional. Meski Anda mencetak kalender sebagai alat pemasaran. Namun sangat penting bagi Anda untuk mengingat bahwa kalender tetap unik, mudah, dan enak dibaca maupun dilihat oleh banyak orang. Jadi pastikan memperhatikan poin ini ya. 

5. Jadikan Kalender Sebagai Portofolio Perusahaan
Bagi Anda yang memiliki tujuan mencetak kalender sebagai alat untuk memasarkan produk atau mempromosikan perusahaan Anda, maka pastikan Anda membuat kalender tersebut sebagai portofolio perusahaan. Ini merupakan salah satu kesempatan yang sangat baik dan perlu Anda manfaatkan dengan matang.

6. Pemilihan Warna Kalender yang Sesuai
Pemilihan warna merupakan salah satu pertimbangan yang cukup penting. Bahkan pemilihan warna pada secara tidak langsung juga akan memperkenalkan tentang dirinya. Contohnya jika perusahaan Anda memiliki logo warna biru, maka pilihlah warna yang sesuai dengan esensi perusahaan Anda. Pastikan hindari memilih warna yang jauh dari esensi warna perusahaan agar hasilnya lebih maksimal. 

7. Desain yang Digunakan Harus Semaksimal Mungkin
Perlu untuk diingat bahwa jangka waktu penggunaan kalender cukup lama, untuk itu pastikan Anda membuat desain yang dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. Terlebih lagi bagi Anda yang membuat kalender sebagai mendia promosi. Pastikan juga Anda menyetarakan foto-foto terbaik yang dapat dipamerkan dalam sebuah kalender. 

8. Pilih Teknik Cetak Kalender yang Sesuai
Tak hanya mementingkan konsep keseluruhan dari kalender yang akan dibuat saja. Ternyata Anda juga perlu memilih teknik cetak yang sesuai. Jika Anda sudah selesai membuat desain, maka tahap selanjutnya yang harus dilakukan adalah cetak dan proses produksi. Untuk itu pastikan memilih tempat percetakan yang terpercaya. Komunikasikan teknik cetak apa yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. 

Itulah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan ketika membuat desain kalender agar hasilnya lebih maksimal. Mengingat penggunaannya yang relatif panjang, pastikan Anda membuatnya semaksimal mungkin agar lebih unik dan menarik.  

0 comments:

Post a Comment