Thursday, March 14, 2019

Tips Merawat Knalpot Motor Orisinil agar Bebas Masalah


Pada umumnya knalpot memiliki masa penggunaan yang cukup lama. Masa penggunaannya yang panjang juga memungkinkan terjadinya karat atau korosi pada komponen gas buang yang disebabkan karena perbedaan suhu di dalam dan di luar pipa knalpot. Hal ini tentunya membuat Anda harus merawatnya dengan benar. Berikut tips merawat knalpot motor orisinil agar bebas dari masalah. 

Mengetahui Jenis Knalpot yang Digunakan
Hal paling utama yang perlu Anda lakukan agar bisa melakukan perawatan dengan baik adalah mengetahui dengan pasti jenis knalpot yang digunakan. Untuk knalpot motor orisinil sendiri biasanya menggunakan standar 4 yang cenderung keting. Bahkan panas yang dihasilkan juga akan cepat menimbulkan karat dan kekuningan. Maka disarankan untuk memanaskan mesin secukupnya saja. 

Bersihkan Lubang Buang Pada Silencer
Cara membersihkan lubang buang pada silencer ini terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memberikan oli secukupnya pada lubang tersebut dalam jangka waktu 2 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kebocoran dan pengeroposan. Pasalnya jika terjadi pengeroposan atau kebocoran pada knalpot akan menghasilkan suara yang buruk, tenaga loyo, dan tidak ramah lingkungan. 

Jika Sudah Terjadi Korosi Pada Knalpot, Segera Bersihkan
Jika bagian knalpot Anda sudah mengalami korosi, pastikan untuk segera membersihkan kotoran yang menempel menggunakan sikat yang bagus dan kuat. Anda hanya perlu memanfaatkan detergen yang dioleskan pada bagian knalpot. Kemudian sikat dengan kuat hingga kotoran terkelupas. Jika kotoran membandel, gunakan sikat kawat untuk memudahkan ketika membersihkannya. 

Lakukan Perawatan Pembersihan Pada Pipa yang Sudah Bersih
Jika bagian pipa dari knalpot sudah bersih, maka pastikan Anda untuk melakukan perawatan pembersihan dengan cara mengoleskan oli pada leher knalpot secara merata. Setelah itu panaskan motor selama kurang lebih 2 menit agar oli meresap dan lama kelamaan leher knalpot akan berubah menjadu lebih bersih seiring dengan mengelupasnya oli tersebut. 

Lakukan Pengeringan Setelah Kendaraan Kehujanan atau Dicuci
Hal terpenting yang perlu Anda lakukan ketika merawat knalpot orisinil adalah dengan melakukan pengeringan sesegera mungkin setalah kendaraan dicuci atau kehujanan. Pastikan untuk mengeringkan bagian knalpot secara hati-hati. Bahkan agar bagian knalpot dapat awet dan tahan lama, Anda bisa semprot bagian ini dengan menggunakan cairan anti karat. 

Jika Silencer Terbuat dari Chrome, Lap dengan Kain Lembut
Jika bagian silencer knalpot orisinil Anda terbuat dari bahan chrome, maka ha terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mengelapnya menggunakan kain yang lembut. Hal ini bertujuan untuk menghindari goresan yang mampu mengurangi penampilan kendaraan Anda. Jika ada noda pada bagian knalpot, Anda dapat membersihkannya dengan oli bekas kendaraan yang masih baik. 

Namun jika terdapat karat atau noda membandel, Anda bisa gunakan cairan portex. Mengapa? Pasalnya cairan ini merupakan cairan anti karat dan korosi sehingga noda membandel dapat lebih mudah hilang. Namun Anda juga harus berhati-hati ketika menggunakannya. Karena cairan ini sangat kuat. Jika penggunaannya salah pada blok mesin, maka akan melunturkan warna blok mesin itu sendiri. 

Bersihkan Menggunakan Pertamax Plus
Cara yang satu ini bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bercak hitam yang disebabkan karena percikan aspal yang masih baru pada bagian knalpot atau bahkan untuk membersihkan blok mesin kendaraan. Anda hanya perlu mencampurkan minyak tanah dan Pertamax Plus dengan perbandingan 1:2 kemudian oleskan menggunakan sikat kecil yang masih bagus pada bagian yang bernoda. 

Nah itulah beberapa cara mudah merawat knalpot motor orisinil agar terbebas dari masalah. Meski knalpot merupakan salah satu komponen dari motor yang memiliki waktu penggunaan yang cukup lama, namun Anda juga perlu memperhatikan cara perawatannya agar tetap awet dan tahan lama.  

0 comments:

Post a Comment