Friday, April 26, 2019

Hamil Baru 1 Minggu, Perubahan Apa Saja yang Anda Rasakan?


Gejala kehamilan pada setiap individu tentu berbeda. Ada perubahan yang terasa pada masa awal, tengah, dan akhir masa kehamilan. Beberapa ibu hamil bahkan ada yang tidak merasakan gejala kehamilan sama sekali. Kali ini, Anda akan mendapatkan informasi seputar perubahan yang biasa muncul saat kehamilan baru berusia 1 minggu. 

1. Timbulnya Flek Darah dan Pendarahan Kecil
Usia 1 minggu merupakan usia kehamilan yang sangat dini dan jarang ditemukan perubahan berarti yang disebabkan karena kehamilan. Namun, pada beberapa ibu hamil bisa ditemukan gejala yang terjadi di minggu awal kehamilan seperti timbulnya flek serta pendarahan kecil. Flek yang muncul berasal dari pengikisan sel telur yang tak dibuahi pada bulan sebelumnya.  

2. Nyeri Punggung dan Keram Perut
Pada usia 1 minggu kehamilan, Anda berisiko merasakan nyeri pada punggung bagian bawah dan keram pada perut. Gejala ini terjadi karena rahim Anda sedang bekerja mengikis sel telur yang tak dibuahi sehingga menimbulkan kontraksi. Keram yang Anda alami mungkin terasa sama dengan saat masa menstruasi Anda datang.  

3. Emosi yang Naik Turun
Hormon yang tak stabil merupakan penanda utama saat Anda tengah berbadan dua. Jadi, Anda bisa langsung merasakan emosi Anda tak stabil, bahkan saat usia kehamilan Anda masih berusia 1 minggu. Anda bisa saja menjadi sangat mudah kesal, sedih, dan bahagia atas  hal yang biasanya tak terlalu memberi efek berarti pada Anda. 

4. Payudara yang Terasa Sakit
Bentuk payudara saat hamil 1 minggu mungkin belum mengalami perubahan. Namun, payudara Anda akan menjadi lebih sensitif. Hormon kehamilan menyebabkan payudara Anda terasa penuh dan muncul nyeri saat ditekan. Gejala ini hampir sama dengan yang Anda rasakan saat menstruasi, sehingga terkadang Anda tak sadar bahwa Anda telah mengandung.  

5. Perut Anda Terasa Kembung
Jangan berharap akan terjadi perubahan langsung pada perut Anda pada kehamilan yang baru berusia 1 minggu. Anda hanya akan merasakan sedikit kembung karena hormon yang tidak stabil. Ketidakstabilan hormon ini menyebabkan produksi cairan dalam tubuh menjadi melimpah. Alhasil, Anda menjadi kembung dan berulang kali bolak-balik buang air kecil. 

6. Munculnya Jerawat
Saat hamil, organ dalam tubuh Anda mulai bekerja ekstra untuk memastikan ketercukupan nutrisi bagi Anda dan janin. Hal ini menyebabkan produksi minyak pada kulit Anda pun meningkat. Kulit berminyak membuat pori-pori Anda tersumbat. Akibatnya, jerawat pun leluasa untuk bersemi di wajah atau permukaan kulit lainnya.

Tak banyak gejala kehamilan yang bisa terlihat jelas saat usia kehamilan baru menginjak 1 minggu. Bahkan, Anda mungkin sering mengartikan gejala tersebut gejala biasa, saat menstruasi datang terlambat. Informasi terkait gejala awal kehamilan, seperti yang bisa Anda dapatkan di orami.co.id,  sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan diri Anda menyambut buah hati.

0 comments:

Post a Comment