Saturday, April 20, 2019

Inilah 5 Rahasia Menghasilkan Nugget Ayam Yang Enak dan Bergizi!


Nugget ayam sebagai salah satu makanan yang digemari masyarakat luas ini terbuat dari tepung dengan bumbu-bumbuan dan pastinya potongan daging ayam. Biasanya nugget ayam ini ketika matang akan berwarna kuning keemasan.

Namun, untuk menghasilkan nugget ayam yang enak pastinya tidak asal-asalan karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini agar saat matang nanti nugget yang kita buat sesuai dengan selera yang kita inginkan.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat nugget ini adalah sebagai berikut :

1. Ayam yang digunakan
Meskipun nugget yang kita buat berbahan dasar ayam, perlu diperhatikan jika tidak semua bagian ayam bisa menghasilkan yang terbaik. Misalkan saja kulit ayam. Kulit ayam bisa saja memberikan rasa gurih pada nugget nantinya, namun tentu kita tidak boleh hanya menggunakan kulit ayam saja untuk menggantikan daging dalam membuatnya.

Hal ini karena apabila terlalu kebanyakan kulit, nugget yang dihasilkan akan keriput dan tidak terlihat menarik. Sehingga, kulit di sini perannya hanyalah pendukung dan porsinya juga perlu diperhatikan. Alangkah baiknya paha ayamlah yang digunakan karena dapat memberikan rasa yang enak dan lezat.

2. Porsi tepung
Tepung yang memberi rasa renyah pada nugget juga penting untuk diperhatikan. Hal ini karena apabila kebanyakan tepung maka bisa jadi nugget yang dihasilkan akan keras. Untuk itu perlu diatur porsi yang pas dan disesuaikan dengan jumlah daging yang akan digunakan.

3. Bumbu yang digunakan
Bumbu juga memiliki peran yang sangat penting karena yang akan memberi rasa pada nugget ayam yang kita buat. Porsi setiap bumbu juga memiliki peran tersendiri untuk menciptakan cita rasa yang enak.

Sehingga, untuk membuat nugget juga disesuaikan dengan bahan jumlah bahan yang kita buat. Jangan sampai nugget yang kita buat banyak tetapi bumbu yang akan digunakan relatif sedikit. Karena nantinya rasa nugget pun akan hambar jika kekurangan bumbu, begitupun sebaliknya. 

4. Pembuatan
Ketika memasuki bagian ini, pastikan porsi-porsi setiap bahan yang akan digunakan sudah sesuai dengan masing-masing. Jangan sampai ketika sudah dicampur ada bahan yang terlalu berlebihan. Pada saat inilah bahan-bahan akan dicampur dan diaduk dengan rata.

Setelah bahan-bahan dicampur, selanjutnya memasuki proses pengukusan. Pada saat pengukusan juga ada hal yang harus diperhatikan, yakni nyala api. Ketika nugget dikukus dengan nyala api yang relatif kecil nantinya akan menghasilkan tekstur nugget yang keras.

Begitupun sebaliknya, jika kalian berpikiran mengukus nugget dengan nyala api yang besar dengan harapan cepat matang, maka hal tersebut sangatlah keliru. Hal ini karena nyala api yang relatif besar hanya akan menjadikan nugget cenderung keriput dan mengkerut. Untuk itu, alangkah lebih baik menggunakan nyala api yang sedang agar nugget yang dihasilkan matang dengan sempurna.

5. Penyimpanan
Perlu diperhatikan, bahwa untuk menyimpan nugget sendiri memang perlu wadah yang tertutup dan disimpan di dalam kulkas atau freezer sehingga keadaannya akan selalu beku. Hal ini karena dikhawatirkan jika dalam keadaan terbuka dan tidak disimpan dalam kulkas maupun freezer akan mengundang mikroorganisme yang dapat merusak kandungan nugget itu sendiri.

Beberapa hal di atas adalah terkait membuat nugget ayam yang enak dan bergizi. Sehingga dengan memperhatikan beberapa hal tersebut diharapkan tidak hanya rasanya saja yang menggugah, namun kandungan gizi pada nugget tersebut tetap ada dan terjaga. 

1 comment:

  1. Informasi ini bermakna dan luar biasa yang telah Anda bagikan di sini tentang nugget ayam. Saya terkesan dengan detail yang telah Anda bagikan di pos ini dan mengungkapkan betapa baiknya Anda memahami subjek ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk berbagi artikel ini di sini.

    ReplyDelete