Sunday, May 19, 2019

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi Secara Efektif


Cara mengatasi batuk pada bayi harus segera dilakukan sebelum makin parah. Penanganan batuk sesegera mungkin akan meminimalisir gejala lain yang menyertainya. Umumnya, batuk pada bayi disertai radang tenggorokan, hidung tersumbat, demam, hingga pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau belakang kepala. Penanganan aman berikut ini harus dilakukan.

1. Menaikkan Kepala Bayi
Saat sulit bernapas akibat hidung tersumbat ataupun tenggorokan terasa panas sesak, pasti bayi akan rewel hingga menangis. Untuk mengatasinya, Anda bisa menaikkan posisi kepala bayi saat ia tidur dan berbaring. Caranya adalah dengan meletakkan bantal yang tidak terlalu tebal atau bisa juga kain atau selimut yang sudah dilipat. Tindakan ini akan membantunya untuk bernapas.

2. Meningkatkan Cairan Tubuh
Pemenuhan kebutuhan cairan tubuh sangat diperlukan untuk melancarkan metabolisme tubuh. Proses ekskresi melalui urin juga lebih lancar dan optimal. Untuk bayi yang usianya di bawah 6 bulan, Anda bisa mencukupi asupan cairan dengan ASI (Air Susu Ibu). Pastikan Anda memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Bukan hanya untuk memenuhi cairan saja, namun juga untuk antibodi.

Ketika bayi sudah berusia lebih dari 6 bulan, Anda bisa memberikannya asupan nutrisi berupa makanan hangat dan minuman hangat lainnya. sup jagung atau sup ayam hangat sangat direkomendasikan. Minuman cokelat panas, susu hangat, minuman lemon atau jeruk nipis hangat, dan minuman madu hangat, juga sangat direkomendasikan sebagai obat batuk alami untuk bayi.

3. Memberikan Minuman Madu
Sudah dianjurkan dalam poin sebelumnya mengenai minuman madu. Anda bisa mulai memberikan minuman madu untuk bayi agar kekebalan tubuhnya meningkat. berikan minuman madu ini dalam kondisi hangat. Akan tetapi, ingatlah bahwa minuman madu ini baru bisa diberikan untuk bayi yang sudah berusia di atas 1 tahun. Kadar madu yang dibuat adalah ½ sendok teh.

4. Memberikan Terapi Uap Panas
Cara mengatasi batuk pada bayi bisa dioptimalkan dengan memberikan terapi uap panas. Dengan memberikan minuman hangat, Anda bisa sekaligus melakukan terapi uap panas untuk bayi agar tenggorokannya lega dan hidung yang tersumbat bisa teratasi. Terapi uap panas ini juga bisa murni dilakukan dari air yang mendidih. Anda juga bisa melakukan terapi ini saat si kecil mandi.

5. Mengatur Pola Istirahat
Pola istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Sistem kekebalan tubuhnya juga akan meningkat untuk melawan bibit penyakit yang ada dalam tubuh. cobalah untuk menidurkan si kecil sesuai jadwal.

Jika ia masih rewel, maka berilah asupan gizi yang cukup dan tidurkan dengan menggendongnya. Anda bisa berjalan sambil menggendong dan menenangkannya. Dengan cara ini, si kecil akan tertidur pulas karena merasa lebih nyaman dengan kasih sayang ibu.

Berbagai hal tersebut sangat membantu Anda dalam mengatasi batuk yang dialami si kecil. Ketidaknyamanan akibat batuk dan gejala lain yang menyertainya bisa disembuhkan dengan cara mengatasi batuk pada bayi di atas. Panduan tersebut harus terus dilakukan sampai batuk sembuh. Orami Magazine memaparkan penanganan batuk pada bayi yang lengkap di situs orami.co.id.

0 comments:

Post a Comment