Monday, May 20, 2019

Mudik Mengendarai Mobil? Lakukan Persiapan ini Agar Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman


Hari Raya tinggal beberapa minggu lagi akan ada di depan mata. Menjelang hari raya tentunya sangat berhubungan dengan kegiatan mudik ke kampung halaman. Kegiatan mudik ini menjadi kegiatan wajib harus dilakukan untuk bertemu sanak saudara di kampung. Perjalanan mudik dapat Anda lakukan dengan mudah dengan mengendarai mobil. Anda dapat dengan mudah dan leluasa membawa banyak barang dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

Mengendarai kendaraan pribadi dalam perjalanan mudik memang cukup menyenangkan dibanding mengenakan transportasi umum. Dalam mengendarai kendaraan roda empat menuju perjalanan mudik tentunya Anda harus pastikan kenyaman dan keamanan selama perjalanan. Agat hal itu dapat terealisasikan selama perjalanan mudik Anda tahun ini, maka Anda perlu menyiapkan berbagai persiapan. Persiapan apa saja yang perlu Anda lakukan? Simak penjelasannya di bawah ini. 

1. Periksalah Indikator Bahan Bakar Kendaraan Anda
Perjalanan mudik ke kampung halaman tentunya membutuhkan waktu dan jarak yang lama serta jauh. Dengan begitu, Anda sangat perlu untuk memeriksa indikator bahan bakar dari kendaraan Anda. Jangan sampai karena Anda sangat senang dan tidak sabar untuk sampai ke kampung halaman dan sampai lupa untuk mengecek hal ini. Selain itu, kemungkinan besar kemacetan akan membuat Anda harus menyiapkan bahan bakar kendaraan Anda penuh.

2. Memeriksa Ban Kendaraan Anda
Persiapan agar perjalanan Anda aman hingga sampai tujuan adalah dengan memeriksa ban kendaraan. Ban kendaraan ini menjadi komponen penting dalam sebuah kendaraan. Hal ini seringkali dilewatkan oleh orang sehingga timbul masalah saat berkendara. Karena keteledoran tidak mengecek ban kendaraan, maka beberapa orang mengalami kejadian tidak menyenangkan seperti harus mendorong kendaraan karena ban kendaraan bocor atau kempes.

3. Lakukan Pengecekan Kondisi Kendaraan Anda di Bengkel Resmi
Sebelum melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan kesayangan Anda, maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan kondisi mobil Anda. Hal ini seringkali dilewatkan orang lain karena menganggap mobil dalam kondisi prima dan tidak mengalami masalah selama digunakan selama ini. Namun, Anda tetap perlu melakukan proses pengecekan ini agar dapat memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan aman digunakan dalam jarak jauh.

4. Siapkan Kotak Perkakas dan Ban Cadangan
Sebagai bentuk antisipasi sebelum melakukan perjalanan jauh, maka Anda dapat membawa beberapa barang yang dapat digunakan dalam keadaan darurat. Barang-barang tersebut adalah kotak perkakas maupun ban cadangan. 

Dengan memiliki kotak perkakas ini, maka jika terjadi masalah pada kendaraan Anda seperti ban kempes di perjalanan, maka Anda dapat mengenakan barang-barang cadangan ini dan membantu Anda terhindar dari keadaan darurat.

5. Jangan Lupa Bawa Kotak P3K
Salah satu barang wajib dan perlu Anda persiapkan saat melakukan perjalanan mudik tentunya adalah kotak P3K. Barang ini akan sangat membantu dalam keadaan darurat. Dalam perjalanan, Anda tidak dapat menjamin jika terjadi sesuatu seperti mual atau mabuk darat selama perjalanan. Dengan adanya kotak P3K di dalam kendaraan, maka Anda sudah tidak perlu bingung lagi jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Itulah beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan saat ingin melakukan perjalanan mudik bersama keluarga Anda. Dengan begini, Anda dapat berkendara dengan nyaman dan aman menggunakan mobil hingga sampai ke tempat tujuan. Persiapan ini ada baiknya Anda lakukan beberapa hari sebelum berangkat untuk perjalanan mudik sehingga dapat menyiapkan perencanaan secara matang. 

0 comments:

Post a Comment