Friday, June 28, 2019

Bersihkan Vagina dengan Antiseptik Sebabkan Kanker Serviks?


Untuk membersihkan vagina, sebagian wanita menggunakan cairan antiseptik. Akan tetapi, benarkah cairan ini justru memicu kanker serviks?

Agar selalu bersih dan tidak berbau, sebagian wanita membersihkan vagina (douching) dengan menggunakan antiseptik. Namun ada sebagian orang yang percaya bahwa cara ini juga dapat memicu kejadian kanker serviks. Benarkah?

Apa itu kanker serviks?

Kanker serviks adalah pertumbuhan sel-sel abnormal di bagian terbawah dari rahim yang berhubungan dengan vagina (serviks). Sel-sel sehat tumbuh pada laju yang telah ditentukan, dan akan mati pada waktu tertentu. 

Adapun, sel-sel abnormal (kanker) akan terus tumbuh, berkembang di luar kontrol, dan tidak mati. Akumulasi dari sel-sel abnormal itu pun membentuk massa atau benjolan yang akan menginvasi jaringan di sekitarnya, bahkan menyebar ke organ lain di dalam tubuh.

Penyebab pasti kanker serviks sebenarnya belum diketahui secara pasti. Akan tetapi, sekitar 70 persen kasus kanker serviks bermula dari infeksi Human papillomavirus (HPV) tipe 16 dan 18, yang terjadi melalui hubungan seksual berisiko.

Mencuci vagina dengan antiseptik aman?

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. MEpid dari KlikDokter, mencuci vagina dengan cairan khusus yang umumnya mengandung cuka, asam sitrat, baking soda, antiseptik, dan pewangi tertentu dikenal dengan sebutan douching. Tindakan ini membuat bakteri yang menempel di vagina bersih.

Namun, menurut dr. Resthie, meski terdengar bermanfaat, vagina yang sehat justru harus mengandung bakteri Lactobacillus. Ini adalah bakteri baik untuk menjaga keasaman vagina agar kuman tak mudah menginfeksi.

“Kebiasaan melakukan douching malah akan memberantas bakteri Lactobacillus itu, sehingga vagina lebih rentan mengalami infeksi. Salah satunya adalah infeksi HPV, yang menyebabkan kanker serviks,” tutur dr. Resthie.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Utah, Amerika Serikat, menegaskan hal tersebut. Menurut penelitian tersebut, wanita yang melakukan douching setidaknya seminggu sekali lebih berisiko empat kali lipat terkena kanker serviks dibandingkan yang tidak.

Oleh karena itu, membersihkan vagina dengan antiseptik memang dapat memicu kanker serviks. Pada dasarnya, membersihkan vagina cukup dengan air mengalir dan sabun mandi. Dengan begini, bakteri baik yang ada di vagina tidak lantas ikut hilang bersama cairan antiseptik.

0 comments:

Post a Comment