Tuesday, July 9, 2019

4 Makanan yang Tidak Akan Ada Tanpa Menggunakan Pengawet


Agar makanan bisa tahan lebih lama, maka biasanya kita akan menambahkan pengawet didalamnya. Meskipun demikian, beberapa orang seringkali menganggap pengawet punya dampak yang kurang baik bagi tubuh kita. Padahal, ada beberapa makanan yang tidak akan ada jika tidak menggunakan pengawet didalamnya. Inilah dia 4 makanan tersebut.

Ikan
Ikan merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi Tapi, tahukah Anda kalau ikan tidak bisa hadir ke meja makan kita tanpa menggunakan bahan pengawet sekalipun? Hal ini tak lepas dari proses mendaptkan ikan dari laut yang tidak bisa dikirim secara langsung ke pasar hingga dihidangkan di meja makan Anda. Proses tersebut mengharuskan ikan diawetkan terlebih dahulu agar tetap layak untuk dikonsumsi. Proses pengawetan ikan bisa dilakukan secara alami yakni dengan diasapi, dijemur atau disimpan dalam box berisi es batu agar terjaga kesegarannya.

Buah Segar
Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Tapi, agar buah tetap segar sampai ke tangan Anda, diperlukan proses pengawetan pada beberapa jenis buah. Beberapa diantaranya yakni seperti apel, pir atau peach. Tanpa diawetkan, buah-buahan tersebut akan berubah warna akibat reaksi dengan udara bebas dan bisa membuatnya terlihat tidak segar lagi.

Mie
Setiap orang rasanya suka mengonsumsi mie. Makanan olahan tepung ini jadi favorit banyak orang sebagai pengganti nasi karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Tapi, tahukah Anda kalau mie tidak bisa hadir ke rumah kita tanpa adanya kandungan pengawet didalamnya? Penggunaan pengawet pada mie bisa kita jumpai pada mie instan. Biasanya, pengawet yang digunakan berupa alpha-tocopherol yang merupakan bentuk aktif dari vitamin E alami. Sehingga, kita tidak perlu khawatir dengan pengawet yang ada karena aman untuk makanan.

Daging Asap
Daging asap atau smoked beef merupakan makanan berikutnya yang hadir dari proses pengawetan terlebih dahulu. Proses pengawetan biasanya dilakukan dengan menggunakan garam dan gula. Selain itu, biasanya ditambahkan pula natrium nitrat dan kalium nitrit agar warnanya terjaga, tidak mudah tengik dan bebas dari bakteri. Sehingga, daging asap akan aman untuk dikonsumsi dan punya usia konsumsi yang lebih lama.

Itulah 4 makanan yang hadir di rumah kita dengan tambahan pengawet didalamnya. Sedang mencari tempat yang jual pengawet makanan? Jangan khawatir, Anda bisa mendapatkannya di MarkaIndo Selaras. MarkaIndo Selaras merupakan perusahaan yang jual pengawet makanan serta bahan-bahan baku makanan lainnya. Kunjungi websitenya di laman berikut http://www.markaindo.co.id/ untuk mendapatkan bahan yang Anda butuhkan.

0 comments:

Post a Comment