Sunday, July 14, 2019

5 Manfaat Employee Gathering Untuk Karyawan dan Perusahaan


Bagi kamu para karyawan yang berkerja di suatu perusahaan, mungkin tidak asing dengan istilah employee gathering. Kegiatan outing ini biasanya dilakukan oleh perusahaan dengan melibatkan para karyawannya. Acara ini biasanya dikemas dengan begitu menyenangkan bersama para event organizer yang khusus menangani acara gathering perusahaan.

Setidaknya, ada lima manfaat yang didapatkan setelah karyawan mengikuti acara gathering tersebut. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Refreshing
Manfaat yang pertama adalah refreshing. Bekerja setiap hari akan membuat karyawan menjadi jenuh. Gathering ini menjadi semacam refreshing untuk mengatasi kejenuhan tersebut yang difasilitasi oleh perusahaan sehingga diharapkan nanti setelah selesai acara ini, karyawan akan lebih fresh ketika masuk kerja kembali.

2. Membangun tim yang solid
Biasanya, acara gathering diisi dengan berbagai aktivitas yang membutuhkan kerjasama tim yang kompak. Aktivitas tersebut berupa permainan yang tanpa kerja sama dan koordinasi yang baik mustahil bisa mencapai hasil yang baik pula. 

Dengan aktivitas yang membutuhkan kerja sama tim ini, harapannya nanti setelah selesai acara employee gathering dan kembali bekerja, solidaritas tim ini masih terbawa atau bahkan semakin solid dalam mengerjakan urusan kantor.

3. Mempererat hubungan antar karyawan
Manfaat yang ketiga adalah mempererat hubungan antar karyawan. Bersenang-senang bersama selama satu hari penuh dengan berbagai aktivitas yang membutuhkan kekompakan akan mempererat hubungan antara karyawan yang satu dengan yang lainnya. 

Hal ini juga akan berdampak pada terbentuknya tim yang solid dalam perusahaan. Acara gathering juga bisa menjadi ajang perkenalan antar karyawan lintas divisi.  

4. Mempererat hubungan antara karyawan dan pemimpin
Tidak hanya mempererat hubungan karyawan secara horizontal, manfaat gathering juga mampu mempererat hubungan karyawan secara vertikal, yaitu antara karyawan dengan para pimpinan perusahaan. Hal ini berlaku jika para pemimpin perusahaan juga ikut terlibat dalam acara employee gathering. 

Setelah acara tersebut, diharapkan hubungan antara karyawan dengan pimpinan bisa menajdi lebih erat, kompak, dan solid. Tidak lagi terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman di antara keduanya sehingga kinerja keduanya bisa lebih efektik.

5. Mengasah kreativitas
Manfaat yang terakhir yaitu mengasah kreativitas. Acara gathering biasanya berada di lokasi yang hijau, asri, dan jauh dari pusat kota. Kalau perusahaan di Jakarta, bisa memilih di daerah puncak atau di Bandung. 

Suasana gathering Bandung ini bisa memunculkan berbagai ide-ide baru dan kreatif. Terlebih lagi, berbagai aktivitas dan permainan yang menuntut para karyawan berpikir out of the box untuk memecahkannya.

Nah, itulah lima manfaat dari acara employee gathering yang diadakan oleh suatu perusahaan. Meskipun terlihat sepele, acara semacam ini sangat dibutuhkan oleh para karyawan untuk mengatasi kejenuhan dalam bekerja. Apalagi manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh karyawan secara pribadi, tapi juga bisa berdampak langsung pada kinerja di perusahaan.

0 comments:

Post a Comment