Thursday, August 22, 2019

Plus dan Minus Kredit Mobil Melalui Bank dan Leasing


Semakin banyak masyarakat menginginkan mobil membuat semakin banyak lembaga kredit mobil bermunculan. Umumnya, ada dua lembaga yang menawarkan fitur kredit mobil, yaitu bank dan leasing. Lantas, apa perbedaannya?

Kredit Melalui Perbankan

Kredit melalui perbankan mensyaratkan adanya DP sebesar 30% di awal pembayaran. Besaran DP ini mengacu kepada Surat Edaran Ekstern dari Bank Indonesia sehingga baik Bank maupun Leasing memberlakukan besaran DP yang sama. 

Keunggulan dari kredit melalui Bank yaitu besaran bunga yang lebih rendah ketimbang lembaga leasing. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda terutama apabila Anda memiliki uang muka lebih sehingga dapat melunasi sebagian biaya di awal.

Meski menguntungkan dari segi bunga yang rendah, kredit melalui bank memiliki kelemahan berupa prosesnya yang lama dan cukup ribet. Anda akan diminta mengurus berbagai dokumen kelengkapan jika ingin mengajukan kredit mobil melalui Bank. Beberapa dokumen yang akan diminta seperti Surat Keterangan Domisili, Akta lahir, Slip Gaji, KK dan masih banyak lainnya.

Selain itu, proses pengajuan melalui Bank juga cukup lama karena pihak Bank akan melakukan survei terlebih dahulu. Pihak Bank akan melakukan peninjauan mengenai kelayakan Anda untuk diberikan cicilan. Sehingga pihak Bank akan meminta dokumen lain seperti kartu kredit, tagihan listrik dan PDAM dan masih banyak lagi.

Kredit Melalui Leasing

Keunggulan dari kredit melalui leasing adalah prosesnya yang sangat mudah dan cepat. Anda bahkan akan dibantu oleh pihak leasing untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Pihak leasing akan memperlakukan Anda sangat istimewa. 

Namun, kredit mobil melalui leasing tetap ada kelemahannya. Leasing akan memberlakukan suku bunga yang cukup tinggi kepada Anda dibanding jika Anda kredit mobil melalui bank. Selain itu, leasing juga akan memberlakukan tambahan biaya lain ketika Anda mengambil kredit seperti biaya asuransi, biaya provisi hingga fidusia. 

Setiap model pembiayaan di atas tentu ada positif dan negatifnya. Anda hanya perlu memilih sesuai dengan kebutuhan. Salah satu tempat yang menyediakan penawaran pembelian mobil secara angsuran adalah Bidbox. Di Bidbox, Anda bahkan dapat mengambil kredit mobil cepat dan murah. Periode angsurannya juga sangat ringan, bahkan bisa sampai 5 tahun. Jadi, kunjungi https://m.bidbox.id/ sekarang juga.

0 comments:

Post a Comment