Friday, August 2, 2019

Tips Merawat Lampu Sein Mobil Agar Awet


Lampu mobil mempunyai banyak sekali jenis yang ada dan bisa dibedakan dari fungsi lampu mobil tersebut. Selain itu komponen tersebut juga bisa dibedakan dari tempatnya apakah di depan atau dibelakang bagian mobil. Salah satu jenis lampu yang ada pada mobil adalah lampu sein yang mempunyai banyak fungsi yang bisa digunakan. Salah satu fungsi yang bisa didapatkan dari lampu sein mobil adalah untuk tanda kepada kendaraan lainnya. Terutama digunakan untuk tanda akan belok sehingga akan membuat pengendara lainnya berhati-hati. Lampu sein sendiri perlu untuk mendapatkan perawatan agar lebih awet ketika digunakan. Adapun beberapa tips yang bisa digunakan untuk merawat lampu sein adalah:

1. Menggunakan Lampu Bohlam Sesuai Standar
Tips perawatan pertama untuk dapat membuat lampu sein yang ada pada mobil bisa untuk awet adalah dari menggunakan lampu standard. Anda bisa untuk menggunakan lampu mobil yang mempunyai daya atau watt sesuai dengan kebutuhan. Sehingga hal tersebut akan membuat lampu mobil berubah karena mempunyai daya yang lebih besar yang juga bisa untuk membuatnya lebih panas. Dengan menggunakan lampu yang sesuai standard tersebut juga mempunyai kelebihan untuk merawat aki karena tidak harus bekerja lebih keras agar lampu mobil bisa menyala.

2. Memperhatikan Karet Penutup Bohlam dan Penutup Mika
Tips selanjutnya yang bisa Anda gunakan agar dapat untuk merawat lampu mobil adalah dari memperhatikan penutup bohlam dan juga penutup mika. Untuk karet penutup bohlam selalu cek agar tidak robek atau getas. Karena apabila karet penutup bohlam robek nantinya akan dapat membuat debu dapat untuk masuk ke bagian lampu mobil. Hal tersebut tentunya sangat tidak baik karena akan menutupi lampu dan membuat lampu lebih redup. Selain itu juga perhatikan bagian seal penutup mika pada lampu. Dimana apabila seal lampu rusak atau robek maka sebaiknya segera diganti. Karena hal tersebut dapat membuatnya menjadi terkena debu, kotoran, juga terkena air hujan.

3. Parkir di Tempat Teduh
Tips perawatan lampu sein selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memarkirnya di tempat yang teduh. Anda bisa untuk merawat lampu dengan cara ini karena sinar UV juga dapat memberikan dampak buruk pada lampu sein. Dimana sinar ultraviolet tersebut akan dapat membuat kaca lampu menjadi lebih cepat untuk menguning. Sehingga hal tersebut juga akan membuat cahaya dari lampu mobil menjadi lebih redup. Oleh karena itulah untuk membuat lampu sein tetap mempunyai cahaya yang bagus maka bisa untuk memilih tempat parkir yang teduh.

4. Menggunakan Cairan Anti UV
Tips perawatan yang satu ini juga berhubungan dengan tips selanjutnya. Karena kadang pemilik mobil tidak mempunyai pilihan untuk memparkir di tempat yang panas. Sehingga tentu saja lampu mobil yang terkena sinar UV tidak bisa dihindari. Untuk kondisi seperti ini maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan cairan anti UV. Dimana hal tersebut akan dapat meminimalisir panas dari sinar UV sehingga lampu lebih awet.

5. Mencuci Kaca Lampu
Dan tips perawatan lampu sein mobil terakhir agar tetap awet adalah dapat mencuci kaca lampu. Hal ini penting sehingga dapat untuk membuat lampu mempunyai sinar yang optimal karena kaca yang jernih dan tidak kotor. Terutama Anda bisa untuk mencuci kaca lampu mobil setelah terkena air hujan. Hal tersebut karena air hujan dan kotoran dapat untuk membuat lampu mengalami goresan dan juga membuat masuknya kotoran.

0 comments:

Post a Comment