Friday, September 13, 2019

Tips Memilih Asuransi Jiwa Bagi Pemula


Di era saat ini, beberapa orang tidak terlalu memikirkan tentang asuransi jiwa. Padahal hal tersebut sangatlah penting untuk hari tua nanti. Di Indonesia sendiri saat ini sudah terdapat banyak sekali perusahaan asuransi dengan penawaran yang berbeda-beda. Bagi kamu yang bingung dalam menentukan pilihan, berikut adalah beberapa tips dan hal yang perlu kamu perhatikan. 

1. Pelajari Produk Pilihannya

Langkah awal yang harus kamu perhatikan adalah dengan mempelajari berbagai produk pilihan asuransi jiwa. Pada umumnya di Indonesia terdapat 4 produk asuransi jiwa, yaitu berjangka, dwiguna, seumur hidup dan unit link. Masing-masing produk tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sesuaikanlah dengan kebutuhan kamu pada saat itu atau tujuan akhir. 

2. Sesuaikan Dengan Budget

Dengan memilih salah satu asuransi jiwa terpercaya yang ada di Indonesia, tentunya kamu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dalam 1 bulan ataupun kelipatannya. Oleh karena itu, sesuaikanlah premi bulanan sesuai dengan dana yang dimiliki. 

Disarankan untuk mengalokasikan dana untuk pembayaran asuransi tersebut sebenar 10-20 persen dari gaji yang didapatkan. Jika terdapat uang sisa dari pembayan premi bulanan, sebaiknya disimpan untuk dana cadangan dan jangan digunakan sembarangan. 

3. Cek Track Record Perusahaan

Ini merupakan poin penting yang tidak boleh kamu lewatkan atau sepelekan begitu saja. Kamu harus pintar-pintar dalam memilih perusahaan dengan cara melakukan pengecekkan track record perusahaan asuransi pilihanmu. Sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas tinggi, berpengalaman dalam jangka lama dan mendapatkan penghargaan yang memuaskan. 

4. Pilih Yang Sudah Berlisensi

Karena tidak semua agen asuransi berasal dari perusahaan asuransi resmi, maka kamu harus berhati-hati dalam memilihnya. Pastikan bahwa agen asuransi tersebut telah memiliki lisensi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia atau AAJI. Jika telah memiliki lisensi tersebut, maka dapat dipastikan persuhaan tersebut akan bertanggungjawab secara penuh dan membantu apabila ada masalah klaim. 

5. Memiliki Layananan Pelanggan 24 Jam

Sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang memiliki layanan pelanggan 24 jam. Apabila terdapat kendala atau membutuhkan informasi tertentu, kamu bisa mendapatkan pelayanan yang cepat. Kamu bisa mencoba Generali yang merupakan salah satu perusahaan asuransi yang memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggannya.

0 comments:

Post a Comment