Tuesday, October 15, 2019

4 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Tinggi


Kolesterol terbentuk didalam hati dan keberadaannya ini memiliki fungsi yang penting bagi tubuh. Setiap orang didalam tubuhnya itu memiliki kolesterol, dan adanya 2 jenis kolesterol yang terdapat didalam tubuh. Yang pertama adalah kolesterol LDL yang merupakan jenis kolesterol yang berbahaya bagi tubuh. Dan yang kedua adalah kolesterol HDL yang merupakan kolesterol yang dapat melarutkan kolesterol jahat didalam tubuh. 

Batas normal kolesterol yang harus ada didalam setiap tubuh manusia adalah sekitar 160 hingga 200 mg saja. Sehingga jangan langsung berpikir negatif tentang kolesterol ini. Karena yang membahayakan itu adalah ketika kolesterol didalam darah ternyata jauh lebih tinggi. Ketika terlalu tingginya kadar kolesterol didalam darah maka akan dapat menyebabkan penyakit dan juga aliran darah akan tersumbat. Oleh karena sangat penting untuk kamu mengetahui cara menurunkan kolesterol tinggi. 

Berikut dibawah ini 4 cara mudah menurunkan kolesterol tinggi diantaranya yaitu : 

1. Mengkonsumsi Air Jeruk Nipis Setiap Pagi Dan Malam 

Air jeruk nipis dipercaya dapat menurunkan kolesterol yang tinggi karena kaya akan flavonoid. Dimana flavonoid ini berfungsi sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan ini nantinya akan dapat membantu untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terlebih tidak stabilnya molekul yang dapat merusak sel sel sehat. Kamu cukup mengkonsumsi air perasan jeruk nipis yang telah dicampurkan segelas air hangat ketika baru bangun tidur dipagi hari dan sebelum tidur. Supaya segera berkurangnya kadar kolesterol jahat didalam tubuh maka lakukan cara ini secara rutin. 

2. Mengkonsumsi Jus Anggur 

Anggur mengandung anti oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol yang akan menghasilkan fitonutrien yang memang telah terbukti sebagai zat anti mikroba. Anggur juga mengandung flavonoid yang pastinya berfungsi sebagai anti oksidan. Oleh karena itu minumlah secara rutin jus anggur minimal sehari sekali sebagai salah satu cara untuk menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh. 

3. Mengkonsumsi Jambu Merah 

Jambu merah memiliki banyak kandungan yang pastinya sangat bermanfaat bagi tubuh. Didalam jambu merah itu adanya anti oksidan, fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi jambu merah secara rutin jika ingin segera menurunkan kadar kolesterol. Jambu merah ini bisa saja langsung dimakan atau dibuat jus terlebih dahulu.

4. Menggunakan Kulit Manggis

Manggis tidak hanya buahnya saja yang enak dimakan tetapi juga kulitnya memiliki banyak khasiat yang pastinya berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari kulit manggis ini adalah sebagai salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Pasalnya kulit manggis ini mengandung Xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti kanker dan anti oksidan, dimana bahan aktif didalam anggur ini lebih kuat jika dibandingkan dengan Vitamin C dan Vitamin E. Oleh karena itu kamu dapat memilih untuk mengkonsumsi ekstrak kulit manggis yang sekarang ini banyak beredar di masyarakat atau bisa dengan memblender kulit manggis lalu bisa meminumnya secara langsung. 

Selain itu masih ada cara mudah lainnya untuk menurunkan kolesterol tinggi yaitu dengan mengkonsumsi biji bijian utuh. Nutrisi tinggi yang ada didalam biji bijian utuh ini dapat meningkatkan kemampuan sel yang ada didalam tubuh untuk berkembang dengan baik sehingga akan dapat tercegahnya efek radikal bebas baik yang berasal dari luar ataupun didalam tubuh.

0 comments:

Post a Comment