Thursday, October 17, 2019

Tips Supaya Menstruasi Teratur


Haid atau menstruasi merupakan hal yang dialami oleh perempuan yang telah dewasa. Pada umumnya perempuan mulai mengalami haid pada usia 9 tahun. Namun pada usia yang masih belia, pada umumnya seorang perempuan mengalami haid yang tidak teratur. Dan ketika telah memasuki usia 20 tahun keatas, maka perempuan tersebut akan mengalami siklus haid dengan teratur. Tapi ada juga beberapa perempuan yang mengalami haid tidak teratur pada usia tersebut. Untuk itu mungkinkan Anda perlu melakukan beberapa hal supaya haid teratur.

Nah ketika telah memasuki usia 20 tahun keatas, dan haid masih belum lancar, berarti ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa masalah tersebut bisa terjadi. Iya beberapa masalah tersebut mulai dari berat badan yang meningkat atau berat badan yang menurun pesat, kemudian juga adanya gangguan pola makan, stres, atau disebabkan karena adanya gangguan di indung telur. 

Sebenarnya masalah haid tidak lancar tentunya bukan masalah sepele, dan harus segera ditangani dengan baik. Karena haid yang tidak lancar selama tiga bulan bisa menjadi indikasi bahwa terdapat gangguan hormon, gangguan fungsi ovarium, atau adanya masalah pada struktur di rahim. Nah bagi Anda yang mengalami masalah menstruasi tidak lancar Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Olahraga

Olahraga menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Iya dengan olahraga tubuh menjadi lebih sehat, peredaran darah menjadi lebih teratur. Kemudian olahraga juga menjadi sarana untuk menjaga berat badan yang ideal. 

2. Hindari stres

Stres karena pekerjaan sehari-hari? itu juga menjadi salah satu faktor mengapa Anda mengalami menstruasi yang tidak lancar. Untuk itu sepertinya Anda juga perlu refreshing untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Pola makan yang baik

Pola makan yang baik bukan hanya mencakup jumlah porsi makanan Anda perharinya, melainkan juga kandungan nutrisi dari makanan Anda. Nah bagi Anda yang mengalami masalah haid tidak lancar, Anda dapat mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti kunyit, jus wortel, daun pepaya, dan air kelapa hijau. Beberapa jenis makanan tersebut memiliki kandungan yang dapat membantu haid Anda agar lebih lancar dan juga dapat dijadikan sebagai obat nyeri haid.

Nah itu dia beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya haid teratur. Semoga bermanfaat. 

0 comments:

Post a Comment