Friday, November 22, 2019

Pura Mangkunegaran, Istana Bersejarah di Kota Solo


Setiap daerah di Indonesia memiliki sejarah masing-masing, tak terkecuali Kota Solo. Wilayah otonom dengan nama lain Surakarta ini tak lepas dari kisah di masa lampau sebelum kemerdekaan. Salah satu tempat bersejarah di kota ini adalah Pura Mangkunegaran. Istana yang klasik dan megah ini memiliki daya tarik tersendiri bagi penduduk lokal maupun wisatawan.

Ingin tahu lebih lanjut? Simak seluk-beluk seputar Pura Mangkunegaran dalam ulasan berikut ini!

Sekilas Sejarah Pura Mangkunegaran

E:\ARTIKEL\3\gambar\42\800px-Taman_Pura_Mangkunegaran.JPG
Pura Mangkunegaran (sumber:wikipedia.org)

Pura Mangkunegaran merupakan istana resmi dari Kadipaten Praja Mangkunegaran dan kediaman para penguasanya. Istana mulai didirikan pada tanggal 17 Maret 1757 oleh Mangkunegara I dan didesain dengan model keraton. Terdapat bagian-bagian seperti pendapa, pamedan, pringgitan, keputren, dan dalem pada kompleksnya. Semuanya dikelilingi tembok, kecuali pamedan yang dibatasi pagar besi.

Setelah Perjanjian Salatiga ditandatangani oleh Raden Mas Said, Pangeran Mangkubumi, Sunan Pakubuwana III, dan VOC, Praja Mangkunegaran didirikan. Kemudian, Raden Mas Said diangkat menjadi Pangeran Adipati dengan gelar Mangkunegara I. Istana ini telah mengalami beberapa perubahan, salah satunya adalah pemberian dekorasi Eropa yang populer pada masanya.

Kompleks dan Arsitektur Pura Mangkunegaran

Saat memasuki pintu gerbang utama, akan tampak lapangan pelatihan prajurit pasukan Mangkunegaran yang disebut pamedan. Terdapat markas pasukan kavaleri dan infanteri eks-Legiun Mangkunegaran di sebelah timurnya. Markas ini memiliki bangunan semacam benteng. 

Berikutnya, ada pintu gerbang kedua yang menuju halaman dalam. Di halaman ini, berdiri sebuah Pendopo Ageng berukuran 3.500 meter persegi. Bangunan pendopo mampu menampung 5.000―10.000 orang dan dianggap sebagai pendopo terbesar di Indonesia. Atap joglo disangga oleh tiang-tiang kayu dari pepohonan Alas Kethu, tepatnya di perbukitan Wonogiri. Uniknya, istana didirikan tanpa menggunakan paku.

Di belakang pendopo, ada pringgitan, sebuah beranda terbuka yang mempunyai tangga menuju Dalem Ageng. Setelah menaiki tangga, akan dijumpai ruangan seluas 1.000 meter yang saat ini digunakan sebagai museum. Tak hanya itu, terdapat pula Perpustakaan Rekso Pustoko yang dibangun pada tahun 1987 oleh Mangkunegara IV. Perpustakaan ini bisa dicapai dengan menaiki lantai dua.

Hal-Hal Menarik yang Bisa Dilakukan di Pura Mangkunegaran

E:\ARTIKEL\3\gambar\42\Mangkunegaran-Dalem-Ageng.jpg
Pura Mangkunegaran (sumber:wikipedia.org)

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di istana ini. Pertama, Anda dapat menikmati pemandangan asri di halaman istana sambil berswafoto. Selain itu, pada akhir November, biasanya akan diadakan Mangkunegaran Jazz Festival. Pentas musik ini memadukan seni tradisional dan modern.

Selanjutnya, Anda bisa menjelajahi Perpustakaan Rekso Pustoko. Perpustakaan ini menyimpan manuskrip kuno, buku-buku berbahasa Jawa, koleksi foto bersejarah, dan daya kepemilikan Mangkunegaran. Perpustakaan Rekso Putro masih sering dikunjungi sejarawan dan pelajar.

Lokasi, Biaya Masuk, dan Jam Operasional

Pura Mangkunegaran berlokasi di Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, yakni hanya Rp10.000 untuk turis domestik dan Rp20.000 untuk turis asing. Istana ini dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.30 WIB hingga 13.00 WIB. Pura Mangkunegaran ditutup khusus ada hari libur nasional.

Itulah ulasan singkat tentang Pura Mangkunegaran yang patut Anda ketahui. Sungguh tempat wisata bersejarah yang menarik, ya? Segera kunjungi lokasinya dan rasakan suasana klasik di dalamnya.

Sedang mencari tiket Garuda indonesia untuk liburan? Unduh aplikasi Airy dan temukan tiket pesawat ke Solo dengan cepat. Nikmati layanan refund dan reschedule yang mudah jika perjalanan mengalami kendala. Selain itu, tak perlu cemas akan kecewa karena transaksi di Airy bebas dari penipuan.

Jangan sampai kelewatan juga promo tiket pesawat BPJSTK dari Airy supaya Anda bisa dapat potongan harga. Untuk syarat dan ketentuan bisa dilihat di sini.

0 comments:

Post a Comment