Saturday, November 23, 2019

Sebelum Ke Dokter, Atasi Demam Anak Dengan Cara Ini


Sebagai orang tua memang wajar jika panic saat mendapati anak mengalami demam, apalagi pada orang tua baru yang belum berpengalaman saat, mereka biasanya buru-buru membawa anaknya mkerumah sakit padahal ada beberapa cara untuk mengatasi demam pada anak sebelum membawanya ke dokter.

Pada dasarnya anak dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai angka 37 derajat celcius atau bahkan lebih, maka dari itu sebelum mengatakan anak mengalami demam pastikan dulu suhu tubuhnya dengan memakai alat pengukur suhu tubuh seperti thermometer.

Kebanyakan anak jika mengalami  demam suhu tubuhnya akan mengalami naik turun, biasanya suhu tubuh anak mengalami penurunan pada pagi hari sedang pada malam hari suhu tubuh anak akan mengalami kenaikan. Bahkan anak sampai menggigil di malam hari karena suhu tubuh mulai naik. Hal ini membuat anak tidak tidur dengan nyenyak pada malam hari. Inilah biasanya yang membuat para ibu khawatir.

Sebenarnya orang tua jangan khawatir dulu karena ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi demam pada anak sebelum membawanya ke dokter, mulai dari :

1. Minumkan air hangat

Meminum air putih hangat  dapat membantu tubuh untuk lebih cepat mengeluarkan panas yang ada dalam tubuh. Minum air yang banyak juga dapat mencegah anak dari dehidrasi (kekurangan cairan dalam tubuh). Karena demam menyebabkan anak kehilangan banyak cairan dari biasanya. Selain minum air putih, anak juga bisa mendapatkan cairan dari makanan atau minuman lain, seperti sup, susu hangat, dan sebagainya.

2. Kompres anak

Mengompres anak dengan air hangat adalah cara yang banyak dilakukan para ibu untuk membantu menurunkan demam anaknya. Ini merupakan sebuah cara yang sudah dipraktekkan turun-temurun. Sebenarnya, cara ini hanya dapat menurunkan demam anak untuk sementara saja. Beberapa anak mungkin tidak nyaman dengan kompresan di dahinya. Namun, cara ini cukup membantu  menurunkan demam anak.

3. Buat suhu kamar anak lebih nyaman

Anda juga dapat membantu mengeluarkan panas tubuh anak dengan membuat suhu kamar anak senyaman mungkin, sehingga anak tidak kedinginan atau kepanasan. Biarkan anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk dapat memulihkan kondisi tubuhnya kembali.

4. Berikan Vitamin C 

Vitamin C memiliki sifat anti radang yang bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan radang yang mejadi penyebab demam pada anak. Vitamin C juga memiliki manfaat meningkatkan proses kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Berikan vitamin C sesuai dosis dan usia anak, atau sesuai dengan anjuran dokter.

Namun jika demam anak tidak menurun dalam waktu beberapa hari, sebaiknya memang membawa anak ke dokter yang jauh lebih tahu apa yang terjadi pada anak. Namun sebelum demam terjadi mencegah anak mengalami demam juga merupakan tugas orang tua.

Salah satu penyebab anak mengalami demam adalah daya tahan tubuh anak yang menurun, untuk itulah menjaga daya tahan tubuh anak adalah penting adanya. Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh anak adalah memberikan susu bebelac. Susu bebelac mempunyai komposisi yang sesuai dan baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh anak.

0 comments:

Post a Comment