Monday, January 13, 2020

Apakah Probiotik Adalah Obat dan Apakah Aman untuk Dikonsumsi? SehatQ.com Menjawabnya


Di musim dimana virus mematikan mengancam hidup manusia ini, kita harus selalu waspada dan rutin menjaga kesehatan. Baru-baru ini, probiotik siklus digadang-gadang dapat menjadi penangkal ampuh mengatasi Covid-19. Sebenarnya apakah itu probiotik? Apakah ia termasuk dalam kategori obat? Lalu, apa itu berarti probiotik aman dikonsumsi? Daripada penasaran, yuk simak uraiannya di SehatQ.com berikut ini.

Mengenal Apa Itu Probiotik?

Sebenarnya, probiotik bisa dikategorikan pengobatan jika dalam bentuk suplemen. Namun spesifikasinya tidak terikat alias bebas. Pasalnya, probiotik sendiri sebenarnya merupakan sebuah mikroorganisme yang hidup di sistem pencernaan manusia dalam bentuk berupa bakteri atau jamur. Namun penggunaannya memang sudah cukup sering dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Mikroorganisme ini bertugas melindungi dan memelihara kesehatan pencernaan manusia, khususnya usus dan lambung, dari beragam jenis penyakit yang dapat menyerang manusia. Tidak hanya itu, probiotik juga bertugas untuk meneruskan makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi ke dalam sistem cerna manusia.

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengkonsumsi zat yang bekerja dengan cara memasukkan bakteri baik ke dalam tubuh untuk menumpas bakteri jahat ini. manfaat tersebut antara lain meredakan diare, mencegah peradangan, mengurangi gangguan sistem pencernaan, hingga yang terbaru dikatakan bisa mencegah masuknya virus.

Apa Probiotik Bisa Dikonsumsi Selayaknya Obat?

Jika pertanyaan apa probiotik bisa dikonsumsi atau tidak tersebut diajukan, maka jawabannya adalah bisa. Ya, probiotik bisa dimakan dan diminum selayaknya bahan makanan lain. Pasalnya, probiotik tidak diwujudkan dalam satu jenis makanan, melainkan terdapat pada beberapa makanan dan minuman yang ada di sekitar kita. Sebut saja susu, yogurt, tempe, kefir, acar, hingga suplemen.

Namun tentunya, semua probiotik yang ada di dalam makanan dan minuman tersebut tidak sama. Mereka dikelompokkan dalam beberapa jenis, yaitu :

1. Lactobacillus

Probiotik yang sering kita dengar di iklan televisi ini memang kerap menjadi bagian dari makanan dan minuman umat manusia. Sering ditemukan pada yogurt dan produk-produk yang difermentasi, probiotik satu ini berguna untuk mencegah gangguan penyerapan laktosa dan mengatasi diare.

2. Saccharomyces Boulardii

Probiotik yang masih tergolong dalam jamur ini juga berguna untuk mencegah diare. Selain itu, ia juga berguna untuk mencegah gangguan pencernaan. Probiotik ini banyak Anda temukan di tempe.

3. Bifidobacterium

Terakhir, ada Bifidobacterium yang mana berguna untuk meredakan gangguan pencernaan yang terjadi dalam jangka panjang. Contoh kasusnya adalah meredakan Irritable Bowel Syndrome. Bakteri ini banyak terdapat pada susu olahan.

Boleh dibilang, segala usia sangat aman untuk mengonsumsi zat satu ini. Namun agar tidak terjadi kesalahan dalam dosis konsumsi, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar semakin yakin dan percaya. Pasalnya, ada beberapa penderita penyakit yang tidak dianjurkan mengkonsumsi probiotik dalam jumlah banyak, sebut saja gangguan sistem imun, diare akut berdarah, sindrom usus pendek, hingga gangguan pankreas.

Selain itu, mengonsumsinya bersama produk lain juga kadang bisa berbahaya dan kadang bisa tidak. Oleh sebab itu, diperlukan anjuran dokter dalam mengkonsumsi probiotik. Namun harap diingat, hal ini bisa berlaku ketika bentuk yang Anda konsumsi adalah suplemen.

Demikian ulasan di SehatQ mengenai apa itu probiotik dan apakah ia termasuk dalam obat. Jika Anda merasa masih membutuhkan banyak informasi terkait pengobatan ini, maka Anda bisa lho memanfaatkan SehatQ.com.

Anda cukup log in dan langsung pilih ‘fitur lainnya’ di beranda. Setelah itu, layar akan menampilkan banyak pilihan, mulai dari artikel, tindakan medis, toko, hingga chat dokter. Dari semua pilihan itu, pilih saja bagian ‘obat’. Setelah Anda klik, maka disana akan muncul berbagai jenis tablet dengan kandungannya. 

Semoga ulasannya bermanfaat. 

0 comments:

Post a Comment