Tuesday, June 2, 2020

Contoh Bisnis Startup


Di tengah melesatnya kemajuan teknologi, membuka peluang bagi efektifitas pasar. Salah satu sektor industri berbasis digital yang telah menjamur saat ini ialah Startup.

Sebagian orang mungkin telah mengenal jenis industri ini. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak orang yang belum mengetahui tentang apa itu bisnis startup dan potensi yang terkandung di dalamnya.

Artikel ini akan coba untuk memaparkan mengenai apa itu bisnis startup, potensi, dan contoh bisnis startup dalam bentuk kategori perusahaan startup.

Apa itu Bisnis Startup?

Bisnis startup dapat dimengerti sebagai sebuah perusahaan yang sedang dalam fase rintisan atau baru menjalankan operasinya. Artinya, suatu bisnis yang disebut sebagai startup ialah sebuah bisnis yang sedang dalam masa mengembangkan dan melakukan penelitian terhadap dimensi pasarnya.

Pengertian tersebut tidak dialamatkan secara khusus kepada beberapa jenis sektor bisnis saja. Melainkan semua bisnis yang masuk dalam kategori sedang merintis. Meskipun demikian, sektor bisnis ini juga memiliki karakteristiknya.

Pertama, startup dianggap identik dengan bisnis yang berbasis pada dunia teknologi, online, serta web dalam mengembangkan pasarnya. Karakteristik ini tidak lepas dari sejarah kemunculan sektor bisnis ini.

Startup sendiri muncul pada penghujung tahun 1990-an, beriringan dengan populernya periode dot.com yang dicirikan dengan gencarnya perusahaan-perusahaan untuk membangun sebuah website bagi aktivitas bisnisnya.

Seiring berjalannya waktu, aktivitas pengelolaan website tersebut menjadi pintu gerbang bagi munculnya bisnis startup yang menyandarkan aktivitas pasarnya pada dunia digital.

Kedua, dihimpun dari berbagai sumber, terdapat beberapa ciri khas dari bisnis startup.

  1. Sebuah perusahaan dikategorikan sebagai stratup ketika pendapatnya kurang dari $100.000 pertahunnya.
  2. Perusahaan tersebut telah beroperasi di bawah 3 tahun.
  3. Perusahaan masih dalam fase perkembangan.
  4. Perusahaan tersebut memiliki pegawai kurang dari 20 orang.
  5. Aktivitas perusahaan bersandar pada bidang teknologi.
  6. Perusahaan beroperasi melalui medium website.
  7. Produk yang dipasarkan ialah berbentuk aplikasi digital.

Potensi Bisnis Startup Di Indonesia

Terbilang dalam satu dekade terakhir, perkembangan bisnis startup di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang positif. Didukung dengan perluasan perangkat teknologi dan insfratruktur yang menujangnnya, bisnis dalam sektor banyak diminati oleh masyarakat yang datang dari berbagai latarbelakang.

Pada penghujung bulan Januari 2020 lalu, HootSuite (2020) melaporkan bahwa pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai angka 175,4 juta orang. Sementara itu, pada waktu yang sama, jumlah keseluruhan penduduk Indonesia berada di kisaran 272,1 juta jiwa. Artinya, 64 persen dari penduduk Indonesia merupakan pengguna internet aktif.

Dengan jumlah pengguna internet tersebut, Kita bisa melihat bagaimana dunia digital telah menjadi ruang yang begitu potensial bagi aktivitas pasar.

Tak heran bila pelaku bisnis di Indonesia saat ini terus mengalami pertumbuhan. Pada tahun 2019 saja, tercatat bahwa terdapat 2000an perusahaan startup lokal yang telah didirikan.

DomaiNesia berdiri sejak 2009 yang terus berkembang. Fokus DomaiNesia adalah menciptakan pelayanan yang baik agar pelanggannya menjadi senang. Tapi kualitas layanan hosting DomaiNesia juga tak kalah dengan penyedia web hosting yang lainnya.

Harga yang ditawarkan pun berani di adu dengan penyedia web hosting lain. Itulah mengapa, banyak pelanggan yang memberi testimoni atau review hosting DomaiNesia yang positif.

Nah, jika kamu memiliki website yang menggunakan hosting dan domain dari DomaiNesia, kamu diperbolehkan memasang logo DomaiNesia di website kamu. Pelanggan DomaiNesia sudah mencapai 32 ribu pengguna dari seluruh Indonesia maupun maca negara.

Selain itu, menjamurnya perusahaan startup lokal juga difasilitasi oleh beragam insfrastruktur yang memadai, dari mulai jasa pengiriman, jalur transportasi, hingga persebaran kultur serta pengetahuan mengenai teknologi di dalam tubuh masyarakat.

Kategori Bisnis Startup Lokal

Contoh bisnis startup di Indonesia dapat dikategorikan ke dalam tiga bentuk:

E-commerce

Perusahaan startup di sektor e-commerce atau perdagangan ini telah tumbuh dengan beragam produk yang ditawarkan, dari mulai fashion, kuliner, peralatan rumah tangga, hingga layanan jasa. Dengan munculnya startup di sektor ini memberikan kemudahan karena hanya melalui desktop atau perangkat seluler.

Kita dapat berbelanja berbagai produk yang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah. Untuk dapat melakukan transaksi belanja, Kita hanya membutuhkan jaringan internet.

Beberapa contoh start up E-commerce yang sukses :

  1. Shopee.co.id Berdiri sejak 2015
  2. TokoPedia Berdiri sejak 2009
  3. Buka lapak Berdiri sejak 2011
  4. Bhineka.com Berdiri sejak 1972
  5. BliBli.com Berdiri sejak 2010

Pendidikan

Umumnya, untuk melakukan proses belajar kita perlu datang ke tempat belajar tersebut. Hal tersebut kadang menimbulkan beragam hambatan. Misalnya ialah jalanan yang macet, cuaca yang tidak bersahabat, atau terbentur dengan agenda lain.

Namun, saat ini hambatan tersebut dapat terlampau karena telah banyak perusahaan startup yang menawarkan layanan pembelajaran atau pendidikan, khususnya berbasis kelas online. Layanan pembelajaran tersebut juga tersedia secara beragam dalam bentuk kursus pelatihan keterampilan, bahasa, dan belajar tambahan untuk persiapan ujian sekolah atau nasional.

Contoh start up pendidikan

  1. Ruangguru. ruangguru.com.
  2. IndonesiaX. indonesiax.co.id.
  3. HarukaEdu. harukaedu.com.
  4. Arkademy. arkademy.com.
  5. Bahaso. blog.bahaso.com.
  6. Squline. squline.com.
  7. Kelase. id.techinasia.com
  8. Code Politan www.codepolitan.com

Game 

Selain berberak di dua kategori pasar di atas, bisnis startup juga telah menyasar dunia hiburan, salah satunya ialah game. Perusahaan startup di sektor game terbilang mengalami pertumbuhan yang begitu pesat.

Hal ini dikarenakan oleh banyaknya pengguna game yang berasal dari beragam kelompok usia. Selain itu, pesatnya pertumbuhan bisnis game ini tidak lepas dari makin meratanya kepemilikan perangkat teknologi di masyarakat, sehingga memudahkan mereka untuk mengakses platform game tertentu.

Beberapa start up game terkenal

  1. Tencent Gamming berdiri sejak 1998
  2. Gameloft berdiri sejak 1999
  3. Bandai Namco berdiri sejak 2006
  4. Moonton (mobile legends) berdiri sejak 2016

Fintech

Mungkin anda sering mendengan istilah pinjol atau OVO, nah start up fintech salah satunya adalah startup yang bergerak di bidang keuangan. Berikut ini beberapa contoh startup fintech

  1. Doku beroprasi sejak 2017
  2. Gopay beroprasi sejak 2014
  3. com beroprasi sejak 2014
  4. Ovo beroprasi sejak 2017

Kesimpulan

Semakin menjamurnya pelaku bisnis startup di Indonesia mendorong negara ini masuk dalam lima besar negara dengan jumlah perusahaan startup terbanyak di dunia. Hal inilah menjadi contoh bisnis startup di Indonesia merupakan lahan yang potensial untuk menjalankan aktivitas perniagaan. Dari pembahasan yang telah dipaparkan di atas, mungkin Anda tertarik untuk menceburkan diri dalam dunia startup.

0 comments:

Post a Comment