Monday, September 21, 2020

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Perbedaan CCTV Indoor dan Outdoor Ini


Berbicara soal kamera kemanaan atau CCTV saat ini sudah memiliki varian model atau jenis yang berbeda-beda, mulai dari CCTV tanpa kabel, smart camera, IP Camera, dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan kamera yang dipasang di dalam ruangan (indoor) dengan kamera di luar ruangan (outdoor), apakah sama?Bisakah semua CCTV dipasang secara indoor maupun outdoor? 

Jawabannya adalah tidak, karena keduanya berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah perbedaan antara cctv indoor dan outdoor: 

Berikut ciri-ciri spesifikasi kamera CCTV outdoor:

  • Kamera CCTV outdoor umumnya tidak memiliki sudut pandang yang lebar tetapi memiliki kemampuan untuk mengawasi dengan jarak yang cukup jauh.
  • CCTV outdoor umumnya memiliki IP rating 66 dan 67. IP66 artinya kamera kedap debu dan  dapat menahan semprotan air. Sementara IP67 artinya  kamera kedap debu dan aman saat terendam air hingga kedalaman 150 mm – 1.000 mm.
  • Tidak hanya tahan air dan debu, CCTV outdoor juga mampu menahan semua kondisi cuaca lainnya.
  • Ukuran CCTV outdoor lebih besar dibandingkan dengan CCTV indoor sehingga sangat sulit untuk dipasang secara tersembunyi.

Berikut ciri-ciri spesifikasi kamera CCTV Indoor:

  • Pada umunya memliki lensa 3.6mm dengan sudut pandang hingga 70%,
  • Biasanya kamera sedikit lengkung dengan efek semi fisheye,
  • CCTV indoor pada umumnya masih tahan terhadap debu, tetapi tidak tahan pada cuaca seperti hujan atau panas terik
  • Ukurannya lebih kecil dan bentuknya lebih beragam dibandingkan dengan CCTV outdoor, sehingga lebih mudah untuk dipasang pada posisi yang tidak terlihat.

Dulu, kamera CCTV outdoor memiliki teknologi low-light capabilities atau kemampuan merekam dalam kondisi minim cahaya. Dengan begitu alat ini tetap dapat mengawasi meskipun cahaya hanya sedikit saat malam hari. Namun saat ini, CCTV indoor juga banyak yang sudah dilengkapi dengan fitur ini karena faktor kebutuhan. Misalnya untuk mengawasi area gudang atau perkantoran yang umumnya sudah gelap pada malam hari setelah jam kerja selesai.

Memilih kamera kemanan yang sesuai dengan yang dibutuhkan akan membuat fungsinya semakin maksimal. Jadi Anda tidak akan merasa rugi atau menyesal karena salah memilih. Semoga informasi di atas bermanfaat! 

0 comments:

Post a Comment